Bersaing Dengan AK-47, Pindad Siapkan Senapan Serbu SSX / SS4

Tahun 2016 lalu, perusahaan senjata ternama asal Bandung PT. Pindad merelease prototipe senapan serbu terbaru kaliber 7.62 mm yang diberi nama SSX / SS4, dimana oleh empu-nya diklaim mampu menyaingi eksistensi senapan serbu asal Rusia AK-47 bahkan lebih unggul.

Lahirnya prototipe ini dikarenakan perusahaan senjata asal Bandung Jawa Barat ingin menjawab tantangan global dimana kedepan senapan serbu personel dengan amunisi kaliber 7.62 mm akan jadi tren.

Ada dua jenis varian senjata SSX / SS4 yang prototipenya berhasil dikembangkan oleh Pindad yaitu BR Long Barrel dan BR Standart dimana keduanya memiliki perbedaan pada ukuran barrel.
Senapan serbu SSX /SS4 BR Long Barrel, jika dilengkapi dengan tambahan alat bantu optik (Scope), dapat difungsikan menjadi senapan penembak jitu (sniper), karena jangkauannya yang cukup jauh yaitu 950 meter. Pada bagian ujung senapan juga bisa ditanam peredam suara saat digunakan untuk mendukung operasi khusus. Sedangkan untuk SSX / SS4 BR standart, menggunakan barrel yang lebih pendek. Meskipun tidak dilengkapi dengan alat bantu optik, senjata ini mampu melesatkan peluru hingga 800 meter. Kemampuan ini yang tidak dimiliki oleh AK-47 buatan Rusia.

Tapi sayang, hingga tulisan ini dibuat sampai sekarang belum ada informasi yang cukup untuk bisa menjelaskan secara detil terkait pesaing AK-47 ini, Bahkan saat dicek di laman resminya juga tidak ada informasi yang cukup untuk bisa memuaskan rasa penasaran penulis.