Komodo Armament Perkenalkan Senapan Serbu Modern Made In Bekasi

Selama ini publik sering dibuat kagum dengan keunggulan senjata assault rifle (senapan serbu) SS series buatan PT. Pindad Bandung yang kerap menjuarai lomba tingkat internasional seperti AARM dan ASAAM. Namun sepi dari pemberitaan, muncul pemain baru di luar PT. Pindad yang berhasil memproduksi berbagai macam senapan serbu sekelas SS series yaitu Komodo Armament.

Komodo Armament merupakan satu-satunya dan yang pertama di Indonesia sebagai perusahaan swasta yang bergerak dibidang pertahanan untuk memenuhi kebutuhan militer dan penegak hukum dibawah pengawasan departemen pertahanan langsung. Pabrik manufakturnya dibangun di Jl. Benda No. 40 Raya Narogong KM 12.5 Pangkalan 2, Kel. Cikiwul, Kec. Bantar Gebang, Bekasi Jawa Barat satu jam perjalanan dari Jakarta. Memiliki kemampuan memproduksi ratusan ribu senjata berbagai jenis seperti pistol, senapan serbu dan sniper dalam setahun.

Jika PT. Pindad menjadikan senjata Cakra dari pewayangan sebagai simbol atau brand produknya, Komodo Armament memilih hewan prasejarah yang juga merupakan salah satu ikon Indonesia yaitu Komodo sebagai brand pemasarannya.

Menurut pengakuan dari pihak Komodo Armament, senjata produksinya memuat 80% kandungan lokal dan sisanya adalah import sehingga produk Komodo Armament layak disebut sebagai salah satu senjata unggulan hasil produksi dalam negeri.

Kehadiran Komodo Armament sebagai industri pertahanan swasta yang langsung berada di bawah pengawasan departemen pertahanan menjadi daya tarik sendiri bagi TNI dan peminat dunia Alutsista, lantaran selain bagus di performa, juga desainnya yang unik dengan coakan layaknya senapan serbu AR15 dan SiG716 yang sudah digunakan pasukan khusus TNI.

Berikut beberapa senjata laras panjang yang diproduksi oleh Komodo Armament :

Assault Rifle D5
Secara prinsip, cara kerja D5 tak beda dengan senapan serbu di kaliber 5,56 mm lainnya, yaitu dengan  mengandalkan direct gas. Mampu memuntahkan 700 munisi per menit, dan kecepatan luncur proyektil 900 meter per detik. D5 juga memiliki jarak tembak efektif dan mematikan di kisaran 400 meter. Senjata D5 ini juga mengacu pada standarisasi NATO dengan menggunakan kaliber 5,56 x 45 mm.

Assault Rifle D7
Tidak jauh beda dengan D5, hanya saja pada senapan serbu D7 didesain lebih ringan dengan barrel agak panjang 16". Bentuknya juga terlihat lebih padat dengan sedikit coakan.

Sniper Rifle
Tidak seperti senapan sniper pada umumnya, chasis pada senapan sniper buatan Komodo Armament terlihat lebih unik dengan banyaknya coakan baik pada popor maupun penutup laras sehingga bagian dalamnya terlihat dari luar. Memiliki berat 6 - 7 Kg dengan panjang 26 inch. Kaliber yang digunakan adalah 7.62 mm.