TNI AL Resmi Hentikan Pengangkatan Puing Kapal Selam KRI Nanggala 402


Infokomando - Operasi pengangkatan kapal selam KRI Nanggala-402 resmi dihentikan. TNI Angkatan Laut mengumumkan keputusan mengakhiri operasi tersebut, pada Rabu (2/6/2021).

Laksamana Pertama TNI Julius Widjojono, Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut menuturkan dengan diumumkannya penghentian operasi itu, maka praktis tidak ada lagi agenda pencarian KRI Nanggala-402.

"Sudah (penyelamatan) selesai," ungkap Julius pada awak media, Rabu (2/6/2021).

Berakhirnya operasi pengangkatan KRI Nanggala-402 juga ditandai dengan berakhirnya kerjasama operasi penyelamatan antara TNI AL dengan Angkatan Laut China (PLA Navy).

Dalam pertemuan bersama yang digelar di Hotel Mulia Senayan, Rabu (2/6/2021) kemarin, TNI AL menyampaikan terimakasih pada pemerintah China yang telah mengirimkan PLA Navy guna membantu operasi pengangkatan KRI Nanggala-402. 

Komandan Gugus Keamanan Laut (Danguskamla) Komando Armada (Koarmada) II Laksamana Pertama TNI I Gung Putu Alit Jaya dalam keterangan tertulisnya menyampaikan kerjasama TNI AL dengan PLA Navy dalam operasi penyelamatan merupakan bukti persahabatan yang kuat angkatan laut sedunia "Seaman Brotherhood".

"Bagi TNI AL, kegiatan ini menjadi pengalaman dan referensi agar dapat meningkatkan kerjasama hubungan bilateral antar Angkatan Laut," sebut Putu.

Sementara itu, Senior Kolonel Chen Yongjing mewakili pemerintah China membeberkan pihaknya telah berkoordinasi dan bekerjasama dengan baik dalam misi penyelamatan ini. Keduanya telah berhasil mengangkat beberapa puing-puing KRI Nanggala-402 dan mengumpulkan banyak dokumentasi foto maupun video.

Serpihan KRI Nanggala 402 yang berhasil diangkat. (Photo : istimewa)

Yongjing juga menuturkan andilnya PLA Navy dalam operasi penyelamatan ini menjadi bukti nyata penyelamatan humanitarian yang dilakukan bersama TNI AL.

"Kegiatan ini memiliki makna yang sangat besar pada perkembangan hubungan kemitraan strategis komprehensif  dengan Indonesia (TNI AL),"ungkap Yongjing dalam pertemuan tersebut, yang juga dihadiri Wakil Athan Kolonel Zheng Yuanyuan, Wakil Konjen Denpasar Mei Yuncai.

Dalam upaya membantu operasi penyelamatan dan pengangkatan KRI Nanggala-402 yang tenggelam pada Rabu (21/4/2021) lalu, PLA Navy mengerahkan PLA Navy Ocean Salvage and Rescue Yong Xing Dao-863, Kapal Ship Ocean Tug Nantuo-195 dan Scientific Salvage Tan Suo.

Editor : Devina | Foto : Ist |