Pesawat Tempur Su-30 TNI AU Berhasil Menembakkan Rudal KH-29TE Tepat Sasaran


Infokomando - Para penerbang TNI AU kembali menunjukkan profesionalismenya. Kali ini penerbang pesawat tempur Sukhoi Skadron Udara (Skadud 11) Lanud Sultan Hasanuddin Makassar, mendapat apresiasi Kasau setelah sukses melaksanakan uji penembakan Rudal Kh-29TE di AWR Pandanwangi Lumajang, Jawa Timur, Senin (19/4/2021).

Latihan yang disaksikan langsung oleh Kasau dan para pejabat TNI AU secara Vicon dari Puskodalau Cilangkap ini menjadi bagian dari upaya TNI AU untuk meningkatkan profesionalisme para penerbang tempur dalam melaksanakan penembakan sasaran target strategis, baik di atas daratan maupun permukaan laut.

Rudal Kh-29TE, adalah rudal yang dilengkapi pelacak optik otomatis ke objek yang dipandu pilot dari cockpit pesawat menggunakan TV Pasif (passive TV Guide).

Dalam uji penembakan Rudal Kh-29TE, pesawat Sukhoi jenis Su-30 melakukan take off dari Lanud Sultan Hasanuddin Makassar menuju AWR Pandanwangi Kabupaten Lumajang Jawa Timur.

Ketika sasaran sudah terlihat dalam jangkauan tembak, rudal pun diluncurkan dan melesat menghantam target yang sudah disiapkan dengan presisi.

Usai melakukan tembakan, pilot kemudian kembali ke Lanud Sultan Hasanuddin Makassar setelah sebelumnya melaksanakan air refueling.

Editor : Devina | Foto : Ist