Perusahaan Asal Amerika Allison Mengumumkan Keterlibatannya Dalam Proyek Pengembangan Tank Medium Indonesia


Infokomando - Perusahaan Amerika Serikat Allison Transmission telah mengonfirmasi keikutsertaannya dalam program Indonesia untuk membangun Tank kelas Medium yang akan digunakan oleh Angkatan Bersenjata Indonesia (TNI-AD).

Pada 18 Mei lalu, Allison Transmission mengatakan bahwa pihaknya baru-baru ini telah berkolaborasi dengan kontraktor utama lainnya dalam program pengembangan Tank Medium Harimau Hitam guna mengintegrasikan “cross-drive transmission technology” ke dalam tank yang berbobot 30 ton.

cross-drive transmission technology buatan Allison

Transmisi tersebut, diklaim dapat memberikan kemampuan sebagai penggerak, kemudi dan pengereman. Selain itu juga dapat diproduksi di bawah lisensi Caterpillar Defense di Inggris.

"Baru-baru ini Allison Transmission telah bekerja sama dengan Caterpillar Defense, (perusahaan Turki) FNSS, dan PT Pindad (Indonesia) untuk menyediakan Tank Medium baru untuk kebutuhan Angkatan Bersenjata Indonesia yang dikenal sebagai Harimau Hitam," menurut siaran pers.

Tank medium harimau hitam

Kerja sama ini menyusul kesepakatan antara PT Pindad dan FNSS - perusahaan patungan antara Nurol Holding Turki dan BAE Systems - pada Februari 2019 untuk memulai produksi 18 tank awal. Beberapa dari tank ini diharapkan dapat dibangun di Turki sedangkan sisanya oleh PT Pindad di Bandung.

Tank medium ini ditenagai mesin diesel Caterpillar C13 dan dilengkapi dengan two-man turret buatan John Cockerill Defense C3105 yang dapat membawa meriam Cockerill 105 high-pressure (HP) sebagai senjata utama.

Editor : Devina | Foto : Ist | Sumber : Janes.com/TSM