Konflik Israel - Palestina, Menhan Malaysia : Kami Siap Kirim Pasukan Bila Diminta PBB


Infokomando - Menteri Pertahanan Malaysia Ismail Sabri Yaakob mengatakan negaranya siap mengirim Angkatan Tentara Malaysia (ATM) ke Palestina untuk misi menjaga perdamaian bila ada permintaan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Dijelaskan olehnya bahwa Malaysia tidak bisa mengirim tentaranya begitu saja tanpa persetujuan atau undangan PBB. Karena selain melibatkan hukum internasional, Malaysia tidak dapat membuat keputusan secara sepihak.

"Kalau PBB meminta pasukan (ATM) kami ada di sana, maka kami akan kirim, Insya Allah," katanya seperti dikutip dari New Straits Times, Selasa, 18 Mei 2021.

Ismail Sabri menjelaskan bila selama ini Malaysia biasa mengirim tentaranya untuk misi penjaga perdamaian di bawah PBB seperti ke Lebanon, Sierra Leone, Filipina, Sudan, dan Kongo.

Pasukan perdamaian Indonesia di Lebanon

Pada kasus Israel - Palestina, sejumlah negara Islam seperti Malaysia, Indonesia dan Brunei menyerukan adanya intervensi internasional untuk mengatasi konflik yang sedang berlangsung di Palestina. Negara-negara tersebut juga mendesak agar segera dilakukan sidang Majelis Umum PBB darurat.

Dalam pernyataan bersama, para pemimpin dari tiga negara itu mendorong seluruh negara yang tergabung dalam ASEAN agar menghasilkan Resolusi Perdamaian untuk mengakhiri kekejaman yang dilakukan Israel terhadap orang-orang Palestina.

Pernyataan tersebut ditandatangani langsung oleh Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin, Presiden Indonesia Joko Widodo, dan Sultan Brunei Sultan Hassanal Bolkiah.  

Editor : Devina | Foto : Ist