Indonesia Akan Mengakuisisi Pesawat Tanker Udara Airbus A330 MRTT Untuk TNI AU


Infokomando - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berencana menambah alat utama sistem senjata (alutsista) TNI dalam kebutuhan belanja selanjutnya, salah satunya adalah jenis pesawat Multi-Role Tanker Transport (MRTT) di kategori special mission aircraft.

Jenis pesawat ini ada dalam daftar rencana belanja pengadaan Alutsista Kemenhan senilai lebih dari Rp 1.700 triliun yang akan direalisasikan hingga 2024 mendatang.

Pesawat tangker ini nantinya akan digunakan oleh TNI AU untuk mendukung seluruh operasi jarak jauh pesawat tempur miliknya.

Salah satu pesawat tangker yang menjadi incaran TNI AU adalah Airbus A330 buatan Prancis dimana pesawat ini merupakan pesawat tanker bermesin ganda yang berfungsi untuk pengisian bahan bakar udara berbasis pesawat sipil Airbus A330-200. 

Kokpit Airbus A330

Bukan hanya untuk pengisian bahan bakar di udara, pada praktiknya pesawat ini juga bisa dimanfaatkan untuk fungsi lain seperti evakuasi medis (medevac). 

Dilansir dari Aviation pada 24 November 2020 lalu, pesawat  Airbus A330 MRTT memiliki panjang 58,8 meter, lebar 60,3 meter, dan dilengkapi dengan dua mesin buatan Rolls-Royce dengan masing-masing memiliki daya dorong 72.000 pound.

Daya dorong ini memungkinkan pesawat mampu melakukan lepas landas dengan muatan maksimum 233 ton, termasuk 110 ton kerosin, dan kecepatan jelajah 880 km/jam. 

Menurut Letnan Kolonel Penerbang Kurt Deprez, salah seorang kepala operasi penerbangan asal Belanda mengatakan Airbus A330 MRTT juga bisa dipakai untuk mengisi tangki bahan bakar semua jenis jet tempur milik NATO. 

Selain itu, salah satu dari sembilan pesawat akan dikonfigurasi untuk evakuasi medis. Pesawat ini akan dilengkapi dengan enam unit perawatan intensif, 16 tandu dan 21 kursi untuk dukungan medis. “Jadi pesawat Airbus A330 MRTT benar-benar serba bisa,” tutur Deprez yang juga pilot Airbus A330 MRTT.

Editor : Devina | Foto : Ist | Sumber : Tempo.com