Lanal Banten Gagalkan Penyelundupan 77.971 Benih Lobster ke Vietnam

Lanal Banten Gagalkan Penyelundupan Benur ke Vietnam. (Photo : Istimewa)

InfokomandoPersonel TNI Angkatan Laut kembali berhasil gagalkan penyelundupan.  Kini giliran Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banten yang berhasil menggagalkan penyelundupan benih lobster (benur), Rabu (9/6/2021). Sebanyak 77.971 benih lobster yang akan dikirim ke Vietnam melalui Sumatera berhasil diamankan.

Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Banten Kolonel Laut (P) Budi Iryanto mengungkap sebanyak 77.971 benih lobster yang akan diselundupkan tersebut  dikemas dalam 14 boks.

"14 boks yang kita amankan, ada 13 boks (benur) jenis pasir, jumlahnya 76.896 ekor dan 1 boks jenis mutiara sebanyak 1.075 ekor, sehingga total semuanya 77.971 ekor benih lobster," ujar Budi dalam keterangan tertulis, Rabu (9/6/2021) dikutip dari kompas.com.

Budi menyebut pihaknya telah mengamankan dua orang terduga pelaku penyelundupan asal Lampung yakni, AD dan AF.

"Dari keterangan pelaku, benih lobster tersebut akan dibawa ke Lampung, selanjutnya akan diselundupkan ke Vietnam," tutur Budi.

Sementara itu, Panglima Komando Armada I (Pangkoarmada I) Laksda TNI Abdul Rasyid memberikan apresiasi pada satuan Lanal Banten atas upaya penggagalan penyelundupan tersebut.  Rasyid menyebut, apa yang dilakukan Lanal Banten merupakan fungsi tugas TNI AL di daerah. Ia juga menambahkan TNI AL akan ambil tindakan jika terjadi pelanggaran di laut.

"TNI AL akan terus melakukan penindakan terhadap segala bentuk tindak pidana dan pelanggaran di laut yang merugikan negara, melindungi dan menjaga sumber daya alam di laut dari ulah oknum-oknum tidak bertanggung jawab untuk kepentingan pribadinya," jelas Rasyid.

Selanjutnya pelaku penyelundupan diserahkan kepada Polda Banten untuk proses penyelidikan lebih lanjut. Pelaku terancam terjerat Undang-Undang Nomor 45 tahun 2009 tentang perubahan atas UU Nomor 31 2004 tentang Perikanan dan UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Sedangkan barang bukti sebanyak 77.971 benih lobster diserahkan ke pihak karantina untuk selanjutnya dilepaliarkan ke habitat aslinya di Laut Labuan Pantai Selatan.
Editor : Devina | Foto : Ist | Sumber : Kompas