Bekang Kodam V/Brawijaya, Tak Terlihat Bukan Berarti Tidak Ada

Tags

Logistik tidak dapat memenangkan pertempuran, tapi tanpa logistik tidak ada pertempuran yang bisa dimenangkan
Diatas merupakan motto yang menjadi ciri khas dari Korp Perbekalan dan Angkutan Angkatan darat (Bekang) yang mana hal tersebut menandakan jika korp Bekang merupakan salah satu bagian strategis TNI AD dalam pemenuhan logistik tempur maupun angkutan perang di lapangan.

Meskipun jarang terekspose namun satuan yang tergolong dalam bantuan administrasi (Banmin) ini kehadirannya merupakan moril tersendiri bagi pasukan TNI di garis depan.

Bahkan ada adagium yang mengatakan, sekuat apapun pasukan jika tidak disokong logistik maka tak akan ada gunanya.

Melihat tugas dan fungsinya yang vital dalam pemenuhan logistik tempur dan angkatan perang maka tidak mengherankan jika satuan Bekang kerap diminta bantuan oleh satuan lain dalam memberikan dukungannya baik saat operasi, latihan maupun kegiatan biasa.

Awal terbentuknya Bekang
Menurut sejarahnya, satuan Bekang ada berawal dari dikeluarkannya keputusan Nomor Kep/47/XII/2003 tentang pengesahan Penggabungan Corps Intendans (CIN) dengan Corps Angkutan Militer (CAM) menjadi yang dirubah menjadi Corps Pembekalan Angkutan (CBA) pada tanggal 19 Desember 2003 oleh Kasad.

Kemudian pada tanggal 11 Februari 2004, Kasad mengeluarkan Keputusan Kasad Nomor Kep/29/II/2004 tentang pengesahan Penggunaan Lambang Tanda Kesatuan Pusara Direktorat Pembekalan Angkutan TNI AD “Dharmagati Ksatria Jaya”. Peresmian Corps Pembekalan Angkutan tersebut berdasarkan Surat Telegram Kasad Nomor ST/271/2004 tanggal 23 Maret 2004 tentang pelaksanaan peresmian Corps Pembekalan Angkutan (CBA) TNI AD di Maditbekangad yang saat itu Kasad masih dijabat oleh Jenderal TNI Ryamizard Ryacudu.

Bekangdam V/Brawijaya
Sama dengan satuan Bekang lainnya, Bekangdam V/Brawijaya merupakan salah satu satuan bantuan administrasi yang membidangi logistik dan angkutan dimana secara administratif komando pengendaliannya (Kodal) berada di bawah Kodam V/Brawijaya dan bermarkas di Jl. Kalisosok 20, Surabaya Jawa Timur.

Sesuai dengan fungsi dan jajarannya, Bekangdam V/Brawijaya memiliki tugas pokok mengadakan pelayanan jasa, pemeliharaan bekal materiil pembekalan angkutan dalam rangka mendukung tugas pokok Kodam V/Brawijaya yang meliputi seluruh wilayah Jawa Timur.

Secara rinci, tugas dan tanggung jawab serta fungsi utama Bekangdam V/Brawijaya yaitu meliputi perencanaan atau pemenuhan kebutuhan pengadaan, penerimaan, penimbunan atau penyimpanan, pengeluaraan atau pendistribusian, pengembalian atau pengantar bekal materiil, penyampain berikut administrasi dan pertangggung jawaban bekal atau materiil sebagai implementasi fungsi pembekalan Kodam.

Fungsi utama berikutnya adalah jasa yang meliputi kegiatan pemasakan atau penghidangan makanan, penyediaan MCK (mandi cuci kakus), melaksanakan Mess lapangan, keterminalan pengangkutan personel atau barang serta alat peralatan sebagai implementasi fungsi jasa.

Selanjutnya, dibidang fungsi pemeliharaan meliputi kegiatan pembekalan, pemeliharaan dan perbaikan bekal Alsatri, perlengkapan perorangan, perlengkapan satuan atau lapangan dan materiil pengangkutan atas air yang menjadi tangung jawab Bekangdam V/Brawijaya yaitu Kapal ADRI XLIX dan Almat Air lainnya.

Fungsi lain dari fungsi utama yaitu fungsi organik militer meliputi kegiatan pengamanan/ operasi personel, logistik, perencanaan dan Binter terbatas serta pengawasan dan pengendalian dalam rangka implementasi fungsi organik militer. Untuk fungsi organik pembinaan yang meliputi bidang latihan implementasi pelaksanaan fungsi organik pembinaan berupa latihan dalam rangka memelihara dan meningkatkan profesi serta profesionalisme Bekangdam V/Brawijaya.

***
Foto : Istimewa
Penulis : Arsen
Sumber : Infokomando