Pemerintah PNG Sebut Batalion Sepik Yang Tantang TNI Perang Adalah Kelompok Kriminal


Infokomando - Batalion Sepik , merupakan sekelompok relawan berseragam militer di Papua Nugini (PNG), yang menyatakan sikap siap perang melawan tentara Indonesia untuk membela kelompok separatis OPM di Papua Barat .

Terkait hal itu, pemerintah PNG akhirnya angkat bicara dengan menegaskan kelompok tersebut tidak mewakili PNG.

Dalam rilis videonya, batalion Sepik menyatakan akan bertekad membela kelompok "Teroris" Papua Barat untuk merdeka dari Indonesia.

Pernyataan tersebut membuat geram Menteri Luar Negeri PNG Soroi Eoe kemudian mengatakan bahwa tindakan kelompok tersebut bersifat kriminal dan sedang diselidiki oleh lembaga pemerintah.

Tidak hanya Menlu PNG, Komandan Pasukan Pertahanan PNG, Mayor Jenderal Gilbert Toropo juga menegaskan kepada seluruh warga PNG agar tidak mencampuri urusan dalam negeri Indonesia.

"Warga negara PNG seharusnya tidak melibatkan diri dengan orang Indonesia dan permasalahan internalnya," ujarnya.

"Ini adalah elemen kriminal, yang sangat bertentangan dengan pendirian nasional kita dengan tetangga terdekat kita, Indonesia,” kata Mayjen Toropo seperti dikutip dari SINDOnews.com dan Post Courier, Selasa (11/5/2021).

"Saat ini kami bekerja sama dengan lembaga penegak hukum untuk menangkap para penjahat ini (Batalion Sepik) karena membentuk kekuatan ilegal di PNG untuk menantang Indonesia dan pasukan militernya," imbuh jenderal tersebut

Editor : Devina | Foto : Ist | Sumber : Sindonews.com