Demi Mempertahankan Superioritas Maritimnya, AL AS Bangun Kapal Perang Pengangkut Drone


Infokomando - Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy) berencana membangun kapal perang spesialis pengangkut drone yang dapat melakukan banyak tugas dalam berbagai fungsi peperangan. AS berencana memodernisasi seluruh kekuatan angkatan laut yang dimiliki untuk mempertahankan keunggulan di laut. 

Kapal perang pengangkut drone rencananya akan dilengkapi rudal hipersonik, dan tembakan jarak jauh dari sel VLS dan meriam 155mm. Kapal ini nantinya juga menyediakan landasan pacu dan landasan pendaratan yang dilengkapi peluncur pesawat elektrik atau sky jump. 

Mockup Kapal Perang Pengangkut Drone BAE UXV

Sejumlah pesawat tanpa awak dapat diangkut oleh kapal ini seperti pesawat tak berawak sayap tetap, helikopter dan drone.

Kapal Perang Pengangkut Drone BAE UXV memiliki panjang 152 meter dan dilengkapi dua landasan pacu berbentuk V dengan masing-masing memiliki panjang 50 meter.

Untuk membuat kapal perang pengangkut drone, Angkatan Laut A.S. kemudian menerapkan persyaratan ukuran kapal, tujuan, parameter misi, biaya, pencegahan dan efektivitas. Yang menjadi kandidat kapal perang pengangkut drone Angkatan Laut AS adalah BAE Systems UXV dan Naval Group's Ocean Avenger. 

Editor : Devina | Foto : Ist