Kejar Kelompok Teroris OPM, TNI Turunkan Pasukan Setan Dari Jawa Barat


Infokomando - Ratusan Prajurit Batalyon Infanteri (Yonif) 315/Garuda bakal diterjunkan ke Papua. Prajurit tempur TNI AD yang dikenal dengan sebutan Pasukan Setan itu akan bertugas menjaga NKRI termasuk memburu kelompok teroris separatis OPM. 

Sebelum berangkat ke medan pertempuran, Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto mengecek langsung pengetahuan, keahlian, mental, fisik, sarana prasana, dan persenjataan Yonif 315/Garuda. Pangdam mendatangi Markas Yonif 315/Garuda, Jalan Raya Gunung Batu Nomor 196 RT 01/09 Gunung Batu, Kota Bogor, Jawa Barat.

Budi memastikan seluruh personel Yonif 315/Garuda telah siap mengemban tugas negara mengamankan daerah rawan Papua. Dia berpesan agar Pasukan Setan itu melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. 

“Laksanakan tugas dengan penuh rasa bangga sebagai salah satu wujud kehormatan yang diberikan bangsa dan negara. Pertahankan dan tingkatkan reputasi yang telah dimiliki, maka tidak ada alasan untuk gagal dalam operasi,” kata Budi, dikutip Rabu (28/4/2021).

Hadir dalam pengecekan pasukan itu Irdam III/Siliwangi Brigjen TNI Asep Syarifudin, Danrem 062/Tarumanagara Kolonel Inf Muhammad Muhidin, Danbrigif 15 Kujang II Kolonel Inf Mochamad Arief Hidayat, dan Komandan Korem (Danrem) 061/Surya Kencana Brigjen TNI Achmad Fauzi.

Dia mengingatkan, bagi prajurit Siliwangi, berhasil dalam tugas merupakan kehormatan dan kebanggaan yang harus dijunjung tingggi. Kegigihan dan sikap patriotik prajurit Kodam III/Siliwangi melegenda dalam setiap tugas operasi, baik di dalam maupun luar negeri sehingga tertulis dengan tinta emas dalam sejarah perjuangan bangsa ini.

"Esa hilang dua terbilang, cadu mundur pantrang mulang bila tak gemilang," ujarnya.

Kemampuan Mengerikan Pasukan Setan
Yonif 315/Garuda yang berjuluk Pasukan Setan ini memiliki sejumlah kemampuan mumpuni. Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo mengatakan, Satgas Yonif 315/Garuda memiliki kemampuan berkualifikasi melaksanakan tugas Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Prajurit Yonif 315/Garuda latihan menembak

Dengan kemampuan tersebut, Satgas Pamtas Yonif 315/Garuda mampu melaksanakan tugas di daerah perbatasan Papua-Papua Nugini dengan baik dan dapat menorehkan prestasi terbaik.

"Latihan taktik dan teknik pertempuran, serta menembak yang telah dilaksanakan, menunjukkan tingkat kesiapan satuan ini untuk diberangkatkan dalam tugas pengamanan di Papua," kata Kasdam III/Siliwangi di sela latihan menembak Satgas Yonif 315/Garuda di Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB) belum lama ini.

Selain itu, Satgas Pemukul Yonif 315/Garuda juga memiliki kemampuan mengendus atau memburu musuh dengan baik. Tak mengherankan mereka dikenal sebagai Pasukan Setan.

Editor : Devina | Foto : Ist | Sumber : INews.id