Militer AS Tembaki 13 Speed Boat Iran Yang Mencoba Dekati Kapal Selam AS di Selat Hormuz


Infokomando - Angkatan Laut (AL) Amerika Serikat (AS) telah dilaporkan menembak 13 kapal cepat milik Iran di perairan Selat Hormuz, Teluk Persia. Menurut Pentagon sebagaimana disampaikan juru bicara John Kirby,  speed boat berjumlah 13 unit itu berusaha mengejar 6 kapal AL AS yang tengah mengawal kapal selam USS Georgia yang sedang melintas di selat tersebut, Senin kemarin (10 Mei 2021).

Sebagaimana dikutip dari Arab News, Kirby menyatakan bahwa kapal-kapal cepat milik Iran yakni pasukan AL Republik Iran datang dengam manuver agresifnya dan ingin mengelilingi kapal AS. 

Oleh sebab itu kapal perang AS mengeluarkan tembakan peringatan sebanyak 2 kali. Tembakan pertama dilakukan pada jarak 300 yard dan kedua pada jarak 150 yard hingga akhirnya pasukan Iran tersebut dilaporkan mundur.

Pentagon menyebut aksi pasukan laut Iran sangat agresif karena mencoba mendekati kapal perang AL AS dalam jarak yang relatif dekat. Hal itu kemudian dianggap sebagai potensi ancaman bagi awak kapal. 

" Mereka mengejar (kapal perang) dengan sangat agresif, " Kata Kirby. 
 
Dia melanjutkan bahwa sehari sebelumnya kapal selam USS Monterey berhasil menyadap indikasi adanya kapal bersenjata di laut Arab yang diduga sedang menuju ke Yaman yang disebut AS merupakan lokasi pemberontak Hutsi yang selama ini mendapat dukungan Iran. 

Editor : Devina | Foto : Ist | Sumber : Viva.co.id