Teknologi ENVG-B Militer AS Dirancang Untuk Membuat Musuh Tak Bisa Bersembunyi Dalam Gelap


Infokomando - Militer Amerika Serikat menampilkan rekaman gambar yang diambil dengan teknologi penglihatan malam (Night Vision Goggles) terbaru, dan ini merupakan peningkatan besar pada teknologi night vision yang sebelumnya menampilkan visual warna hijau buram.

Di dunia militer, NVG digunakan sebagai perangkat bantu untuk melihat lingkungan sekitar dalam keadaan gelap dan kurang cahaya. Namun sayangnya, NVG dengan tampilan warna hijau pada jarak tertentu tidak bisa membedakan objek dengan lingkungan. 

Tampilan visual menggunakan NVG biasa

Untuk mendukung mobilisasi pasukan, terutama pada malam hari. Militer AS melengkapi prajuritnya dengan perangkat canggih buatan L3Harris Technology bernama Enhanced Night Vision Goggle-Binoculars (ENVG-B).

Dilansir dari laman resminya, pengembangan perangkat ini menyesuaikan kebutuhan militer yang ingin meningkatkan keamanan personil saat melakukan operasi malam hari. Sedangkan saat ini pengguna terbesar ENVG-B adalah militer AS.

ENVG-B dipilih oleh militer AS karena dianggap memiliki kinerja lebih baik ketimbang NVG biasa. Hal ini dapat dilihat pada tayangan video yang ditunjukkan dalam latihan mereka dimana ENVG-B dapat memberikan tampilan vidual lebih jelas kepada operator berupa garis terang seperti cahaya yang memisahkan antara orang, objek dan lingkungan sekitar.

Tampilan visual menggunakan ENVG-B

Teknologi penglihatan malam pertama kali ditemukan pada tahun 1930-an saat perang dunia 2 untuk membantu pasukan dapat melihat dalam gelap. Teknologi tersebut kemudian terus dikembangkan dengan berbagai kemampuan sampai saat ini.

Perlu diketahui, cara kerja perangkat night vision adalah dengan menyerap cahaya sekitar lalu diteruskannya melalui photocathode yaitu perangkat yang mengubah foton (cahaya) menjadi elektron. Elektron tersebut kemudian menabrak tabung yang dilapisi zat fluoresen fosfor, lalu menciptakan sebuah gambar atau citra.

Sedangkan teknologi ENVG-B terbaru menggunakan tabung fosfor putih, yang menurut Pusat Dukungan Akuisisi Angkatan Darat menawarkan kontras yang lebih baik. Hasilnya adalah bidang visual yang dengan jelas menguraikan atau memisahkan orang, peralatan, dan senjata termasuk latar belakang.

Editor : Devina | Foto : Ist