Cegah Konflik Meluas di Maluku, Unsur TNI dari Yonarmed 1 Kostrad Disiagakan


Infokomando -  Untuk memastikan keamanan dan kondusifitas paska pertemuan rekonsiliasi yang digelar Pemerintah Provinsi Maluku, Satgas Yonarmed 1 Kostrad melalui Pos Ramil Pelauw memperketat pengamanan dengan melaksanakan patroli di wilayah Negeri Pelauw, Kec. Pulau Haruku, Kab. Maluku Tengah, Rabu (16/11/22). 

Seperti yang disampaikan oleh Dansatgas Yonarmed 1 Kostrad Letkol Arm Arief Budiman S.Sos., M.M. Kegiatan patroli ini rutin dilakukan oleh personel satgas khususnya Pos Ramil Pelauw untuk menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah binaan.

“Saya perintahkan jajaran Pos terkait untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap hal menonjol yang mungkin terjadi pasca pertemuan rekonsiliasi yang telah digelar di Kantor Gubernur Provinsi Maluku dalam rangka tahap lanjutan penyelesaian Konflik antara Negeri Pelauw dan Kariu beberapa hari yang lalu,”Ungkap Dansatgas

Dari pertemuan tersebut, dihasilkan beberapa kesepakatan terkait rencana pengembalian pengungsi dari warga Kariu menuju ke tempat semula dimana kedua belah pihak telah memperoleh kesepahaman dan bersedia untuk berdamai.

Dansatgas menambahkan bahwa seluruh personel Satgas Yonarmed 1 Kostrad khususnya yang berada di jajaran Pulau Haruku selalu siap dimobilisasi sewaktu-waktu sesuai perkembangan yang ada.

"Kami berkomitmen penuh untuk senantiasa menciptakan perdamaian di seluruh wilayah NKRI." kata Letkol Arm Arief Budiman S.Sos., M.M. 

Perlu diketahui bahwa pada bulan Januari lalu telah terjadi konflik antar warga dari Negeri Pelauw dan Negeri Kariu yang menyebabkan ratusan rumah terbakar sehingga ratusan warga dari Negeri Kariu mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Editor : Devina | Foto : Ist | Sumber : -