Tak Ingin Ada Kerusuhan di Jawa Timur, Pangdam V/Brawijaya Petakan Daerah Yang Rawan Pemilu


Infokomando - Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Rafael Granada Baay hadir dalam acara #DemiIndonesia Cerdas Memilih yang digelar di Surabaya hari ini, Selasa (6/2/2024). Dalam acara tersebut, jenderal bintang dua itu menyampaikan telah melakukan berbagai upaya dalam menciptakan Pemilu 2024 yang aman, tertib, dan damai di Jatim.


"Kita sudah lakukan sejumlah langkah-langkah untuk menjaga bagaimana cara agar Pemilu 2024 berjalan aman, tertib dan damai. Salah satunya dengan melakukan pemetaan di kota yang rawan pemilu," kata Pangdam V/Brawijaya Mayjen Rafael Granada Baay saat menjadi pembicara di #DemiIndonesia, Selasa (6/2/2024).


Untuk menjaga stabilitas keamanan, pihaknya sudah melakukan sosialisasi dan memberikan materi kepada jajarannya. Salah satunya memberikan edukasi kepada setiap prajurit untuk tidak mudah terprovokasi.


"Kita sudah berkeliling ke seluruh jajaran TNI yang berada di bawa jajaran Kodam Kodam V/Brawijaya. Kita tekankan jangan mudah terprovokasi, karena itu perintah langsung dari atasan,"


Selain itu, lanjut Rafael pihaknya juga sudah menyosialisasikan dan memberikan edukasi serta memberikan pemahaman kepada masyarakat. TNI akan terus berkolaborasi dengan Polri dan Pemerintah Daerah setempat dengan cara latihan bersama.


"Termasuk melakukan patroli siber, karena memang semakin dekat dalam pertarungan, paslon pasti akan ada kelompok-kelompok pihak lain yang berupaya mempengaruhi dan memprovokasi. Kita juga sudah mengerahkan personel untuk diperbantukan kepada Polri dalam pengamanan Pemilu," pungkas Rafael.


Talkshow #DemiIndonesia menghadirkan Menteri Komunikasi dan Informatika sebagai Keynote Speech. Acara yang terbuka untuk umum dan gratis ini juga menghadirkan sejumlah narasumber yang merupakan tokoh-tokoh terbaik daerah.


Ada Ketua KPU Jatim Choirul Anam dan Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Jatim Rusmifahrizal Rustam. Hadir pula Kapolda Jatim Irjen Imam Sugianto, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Rafael Granada Baay, Kajati Jatim Mia Amiati, dan Rektor Unair Mohammad Nasih yang juga bertindak sebagai narasumber. Talkshow akan dipandu oleh moderator Alfito Deannova Gintings.


Sebagai informasi, #DemiIndonesia Cerdas Memilih merupakan talkshow kerja sama antara detikcom dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), BAKTI Kominfo, dan Telkomsel. #DemiIndonesia Cerdas Memilih hadir untuk memperkaya wawasan masyarakat dengan literasi Pemilu yang komprefensif.


Masyarakat juga diajak menjaga harmoni sosial dan tidak termakan provokasi. #DemiIndonesia Cerdas Memilih pun bermaksud menyebarkan informasi soal Pemilu damai.


Editor : Devina | Foto : Ist | Sumber : Detik.com