TNI Berhasil Temukan Sumber Mata Air Bersih, Lima Desa di Bangkalan Tidak Lagi Kekeringan

Infokomando - Kegembiraan tergambar jelas dari ratusan warga di 5 dusun di Desa Tanah Merah Laok, Kecamatan Tanah Merah, Kabupaten Bangkalan, Selasa (6/2/2024).

Mereka berkumpul di Ponpes Sepuh Nurul Iman, desa setempat dalam peresmian sumber mata air bertemakan, ‘Gerakan TNI AD Manunggal Air tahun 2024”, Selasa (6/2/2024).

Senyum sumringah juga terlihat dari wajah Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Rafael Granada Baay.

Didampingi isteri, Rafael hadir untuk meresmikan sumber mata air yang ditemukan di Dusun Banyualet.

Keduanya seolah larut dalam kegembiraan masyarakat.

Kini masyarakat di 5 dusun terbebas dari kesulitan air bersih yang selalu membelit warga selama berpuluh tahun di setiap musim kemarau.

Rafael mengungkapkan, sukses ditemukannya sumber mata air, pemenuhan sarana prasarana, hingga diresmikan tidak lepas dari tidak akan berhasil tanpa peran serta dan dukungan tenaga, pikiran, dan materil dari Pemda Bangkalan dan masyarakat.

“Program TNI AD Manunggal Air merupakan upaya kami untuk selalu hadir di tengah-tengah rakyat, guna mengatasi kesulitan air bersih yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat,” ungkap Rafael.

Dalam kesempatan itu, turut mendampingi Danrem 084/BJ, Brigjen TNI Yusman Madayun, Aster Kasdam V/Brawijaya, Kolonel Inf Heri Bambang Wahyudi, Aslog Kasdam V/Brawijaya, Kol Czi Sri Hartono, Pj Bupati Bangkalan, Arief M. Edie, Ketua DPRD Bangkalan Effendi, Dandim 0829/Bangkalan, Letkol Inf Nanang Fathur Rozi.

Hadir pula Danlanal Batuporon, Letkol Laut (P) Imam Ibnu Hajar, Kapolres Bangkalan, AKBP Febri Isman Jaya, Kajari Bangkalan Fahmi, Ketua PN Bangkalan, Ernila Widi Kartikawati, Ketua PA Bangkalan, Khaeruddin, hingga unsur Muspika Kecamatan Tanah Merah.

Rafael memaparkan, terjadi peningkatan capaian dalam pelaksanaan program TNI AD Manunggal Air di wilayah Kodam V/Brawijaya.

Di tahun 2022 telah ditemukan sebanyak 7 titik sumber mata air dan di tahun 2023 berhasil membangun 15 titik sumber mata air.

“Saya yakin bahwa semua ini akan bermanfaat tidak hanya untuk generasi saat ini, melainkan bermanfaat juga buat generasi yang akan datang,” pungkas Rafael.

Keberadaan sumber mata air baru itu memang bak oase di tengah padang pasir.

Pasalnya, sedikitnya 250 KK di Dusun Banyualet, Desa Tanah Merah Laok selalu menderita akibat kekurangan air bersih.

Seperti halnya puluhan desa lain di Kabupaten Bangkalan di tengah ganasnya terjangan musim kemarau.

Upaya pencarian sumber mata air yang dimulai pada penghujung Oktober 2023 akhirnya dihentikan di hari kelima atau pada 2 September 2023.

Itu setelah tim pengeboran telah menemukan titik sumber air di Dusun Banyualet pada kedalaman 44 meter.

Tim Pencari dan Pengeboran sumber mata air itu dipimpin langsung Danramil Tanah Merah, Kapten Kav Imam Ghazali bersama Bintara Pembina Desa (Babinsa) Tanah Merah Laok, Serda Prayitno, masyarakat Dusun Banyualet, serta personel ahli geolistrik Batalyon Zeni Tempur (Zipur) 8 TNI AD.

Keesokan harinya atau pada 3 November 2023, dilakukan uji coba keandalan mesin pompa, kejernihan air, hingga kekuatan debit air selama 24 jam yang dimulai pada pukul 10.00 WIB.

Selama uji coba, air tetap jernih mengalir dengan debit yang stabil.

Komandan Kodim 0829 Bangkalan, Letkol Inf Nanang Fahrur Rozi mengungkapkan, kegiatan peresmian sumber mata air dilakukan secara serentak oleh KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak yang dipusatkan di Halmahera Tengah, Provinsi Maluku Tengah Maluku Utara dengan tema, ‘Peresmian 1.898 Titik Air’.

Khusus di wilayah jajaran Kodam V/Brawijaya, lanjut Nanang, pelaksanaan Gerakan TNI AD Manunggal Air yang tersebar di wilayah Korem 081 hingga Korem 084 pusatkan di wilayah Kodim 0829/Bangkalan, tepatnya di Dusun Banyuwalet, Desa Tanah Merah Laok.

“Desa ini memang sulit bahkan krisis air bersih, sekarang masyarakat sangat senang dan terbantu. Karena ketersediaan air bersih merupakan kebutuhan dasar manusia yang berhubungan erat dengan kesehatan, ketahanan pangan, dan kebutuhan hidup,” ungkap Nanang.


Editor : Devina | Foto : Ist | Sumber : -

This Is The Newest Post