Danpussen Arhanud : Kedepan Seluruh Arhanud TNI AD Akan Ditingkatkan dan Dipersenjatai Rudal


Infokomando - Komandan Pusat Kesenjataan (Danpussen) Arhanud Kodiklat Angkatan Darat Mayjen TNI Nisan Setiadi mendatangi Detasemen Artileri Pertahanan Udara (Arhanud) 001/CSBY untuk melakukan pengecekan kesiapan operasional Alutsista dan personel, Selasa (18/5/2021). 

Seperti yang disampaikannya kepada awak media, pengecekan itu dalam rangka kunjungan kerja di Detasemen Arhanud-001 yang berada di Desa Pulo Rungkom, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara, Aceh.

“Ini terkait tugas pokok saya sebagai pembina lapangan kekuasaan teknis (LKT) untuk mengecek kesiapan operasional satuan terkait dengan alutsista,” kata Mayjen TNI Nisan Setiadi.

Nisan Setiadi menambahkan kebetulan di Detasemen Arhanud-001memiliki senjata TD-2000B komposit antara meriam AA 57 mm dengan rudal QW-3 yang semuanya disatukan atau diintegrasikan dalam bentuk kesisteman TD-2000B. Artinya di situ ada unit radar, kendali tembak, meriam dan rudal.

Sista Hanud TD2000 digelar

Menurut Setiadi rencananya ke depan sesuai yang disampaikan oleh Staf Perencanaan Kodam Iskandar Muda bahwa tahun 2022 Detasemen Arhanud-001 akan ditingkatkan satuannya menjadi Batalyon Arhanud.

“Kita sudah membuat roadmap terkait masalah alutsista dan akan memenuhi seluruh alutsista dengan sistem yang lebih maju dan modern dimana semuanya menggunakan sistem rudal,” timpalnya.

Nisan Setiadi menegaskan, mengingat serangan udara saat ini sudah berkembang seperti target drone yang bisa menghancurkan sasaran tanpa awak maka dari itu TNI AD akan terus mengembangkan perkuatan Alutsistanya agar dapat melindungi aset strategis maupun nasional.

“Apa lagi ada beberapa objek vital yang harus kita lindungi seperti PT Perta Arun Gas dan PT Pupuk Iskandar Muda,” kata dia.

Editor : Devina | Foto : Ist