Menanti Kehadiran KRI Klewang 2, Kapal Perang Siluman Laut Buatan Banyuwangi


Infokomando - Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan memiliki kapal cepat rudal dengan desain yang super canggih mirip dengan kapal perang AL AS jenis Littoral Combat Ship (LCS) yang dapat dioperasikan di perairan dangkal namun dengan ukuran sedikit kecil.

Kapal canggih ini diberi nama Klewang 2, dibuat oleh PT. Lundin Industry Invest yang ada di Kabupaten Banyuwangi. Di dunia ini, kapal sejenis hanya dimiliki Angkatan Laut Amerika yakni USS Independence, USS Freedom, USS Forth Worth dan USS Coronado.

Littoral Combat Ship milik AL AS

Klewang 2 adalah hasil modifikasi dari KRI Klewang 625 yang sebelumnya sudah pernah dibuat beberapa tahun sebelumnya. Namun sayang sekali, belum selesai diresmikan kapal perang tersebut mengalami kebakaran hebat yang membuatnya hancur di selat Bali.

Secara spesifikasi, KRI Klewang 625 memiliki panjang 60 meter dan bobot 200 ton. Kapal ini bisa membawa 29 awak, termasuk pasukan khusus dan sebuah RHIB X2K sepanjang 11 meter yang memiliki kecepatan 50 knot. 

Rudal Exocet MM-40 untuk KRI Klewang 2

Salah satu keunggulan yang paling menonjol dari Klewang 625 adalah kemampuannya yang tak bisa dideteksi radar kapal. Teknologi Stealth ini juga dimiliki pesawat tempur F35 milik Angkatan Udara Amerika Serikat. Kapal itu juga dilengkapi dengan persenjataan rudal antikapal, seperti C-705, RBS-15, Penguin atau Exocet MM-40. Selain itu, ada juga meriam otomatis Type 730. 

Disebut “siluman”, karena KRI Klewang akan menjadi kekuatan pemukul TNI-AL yang handal dan menakutkan di lautan karena kemampuannya yang tak mudah terdeteksi radar lawan.

Sementara lambungnya sendiri didesain khusus dengan bentuk lancip di ujung yang membuatnya mampu melaju lebih cepat hingga kecepatan 50 knot dan menambah stabilitas kapal saat menembus ombak setinggi enam meter.

Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP) dalam salah satu lamannya telah menyebutkan KRI Klewang 2 didesain untuk menggantikan Klewang 625 dengan spesifikasi yang tidak jauh berbeda alias penyempurnaan. 

Sementara itu PT Lundin Industry Invest telah mengumumkan bahwa dalam beberapa bulan ke depan akan meluncurkan KRI Klewang 2 yang saat ini masih berada di pabriknya di Banyuwangi, Jawa Timur.

Mockup KRI Klewang

Perlu diketahui, PT Lundin Industry Invest (PT LII) adalah perusahaan yang bergerak di perangkat sistem persenjataan swasta di Indonesia. Meskipun berlokasi di Banyuwangi, PT LII merupakan salah satu produsen yang sangat dikenal oleh industri militer mancanegara. 

PT LII juga sudah memproduksi beragam kapal perang untuk keperluan militer seperti jenis trimaran, catamaran, dan monohul. Ada lebih dari dua ratus orang karyawan untuk membuat fiberglass dan bahan pendukung pembuatan kapal. 

Untuk pasar internasional, PT LII sudah mengantongi sejumlah sertifikat, seperti International Marine Certification Institute dan Lloyd Register Certified ISO 9001. Dengan bekal sertifikat sebanyak itu, kredibilitas dan kualitas dari PT LII sendiri sudah tidak diragukan lagi.

Editor : Devina | Foto : Ist