Lebih Bagus, Ini Daftar Perlengkapan Komcad Yang Akan Membuat Iri Tentara Lain


Infokomando - Bulan Mei lalu, Kementerian Pertahanan resmi membuka pendaftaran Komponen Cadangan atau Komcad. Seluruh Warga Negara Indonesia yang telah dinyatakan lulus sebagai peserta seleksi kini tengah menjalani serangkaian pendididkan di lembaga pendidikan TNI AD.

Selama masa pendidikan, Komcad akan mendapatkan sejumlah perlengkapan hingga persenjataan masing-masing. Bahkan, perlengkapan itu disebut bakal membuat anggota TNI lain merasa iri lantaran kecanggihannya.

Lantas, apa saja senjata yang digunakan latihan Komcad hingga berbagai perlengkapannya itu? Berikut ulasan selengkapnya.

Disebut Bakal Membuat Iri Tentara Lain
Direktur Sumber Daya Pertahanan Kemenhan Brigjen TNI Fahrid Amran dalam kegiatan Launching Latsarmil Komponen Cadangan Bela Negara Indonesia di UPN Veteran Jawa Timur yang diunggah pada kanal YouTube UPN Veteran Jawa Timur Official (23/4/2021) memberikan pemaparan terkait sejumlah hal mengenai Komcad.

Brigjen TNI Fahrid Amran saat paparan

Dalam tayangan video tersebut, ia menyebut perlengkapan yang diperoleh oleh Komcad bisa membuat tentara Kodim iri.

"Nah ini perlengkapannya, bapak ibu sekalian. Karena minta beberapa kali (perlengkapan) ditampilkan, saya beberapa kali melakukan sosialisasi. Ini saya tampilkan. Tentara ini (komcad) bisa bikin ngiri tentara Kodim ini, tentara Kodim saja nggak punya perlengkapan begini kan," ungkapnya.

Perlengkapan Disediakan Gratis
Layaknya seorang prajurit TNI, anggota Komcad bakal disediakan perlengkapan secara cuma-cuma alias gratis. Seluruh perlengkapan mulai dari atas kepala hingga ujung kaki disebut akan ditanggung oleh negara.

Berbagai perlengkapan yang diterima tersebut antara lain berupa sarung tangan, helm tahan peluru level IIIA, rompi tahan peluru level IV, pakaian PDL, sepatu PDL, ransel, topi rimba, kopel rim, kaca mata, syal loreng, ponco lapangan, training pack, kaos olahraga, celana olahraga, topi olahraga, sepatu olahraga, kaos kaki olahraga, dan lain sebagainya.

"Itu, nah jadi ini (perlengkapan) gratis ini. Lengkap dikasih, mulai dari helm sampai dengan sepatu, semuanya gratis," jelasnya.

Jenis Senjata Terbaru SS2 V5 A1
Salah satu perlengkapan yang tak kalah penting dari Komcad adalah persenjataan yang diterima. Anggota Komcad disebut akan dilengkapi dengan persenjataan SS2 V5 A1 produksi Pindad.

Kendati demikian, seluruh perlengkapan yang ditampilkan tersebut masih merupakan rencana yang dirangkai oleh Kementerian Pertahanan. Hal itu masih memerlukan penyesuaian lagi dengan anggaran yang turun dari Kementerian Keuangan.

Senapan SS2 V5 A1 buatan Pindad

"Nah itu senjatanya. Ini senjatanya saja senjata (milik) Kopassus ini. SS2 V5 A1 jenisnya, itu ada pegangan tangannya (hand grip). Nah ini yang kita rencanakan, tapi nanti ada penyesuaian dengan anggaran yang turun ya," paparnya.

Editor : Devina | Foto : Ist