Antisipasi Bencana Alam Hingga Pemberontakan Bersenjata, Korem 082/CPYJ Menggelar Latihan Posko I


Infokomando
 - Untuk melihat kesiapsiagaan Korem 082/CPYJ dalam menghadapi ancaman bencana alam, konflik sosial hingga pemberontakan bersenjata, Korem 082/CPYJ menggelar latihan pos komando I (Posko) dibawah asistensi Danrindam V/Brawijaya Kolonel Inf Renal Aprindo Sinaga yang juga ditunjuk sebagai Wakil Komandan Latihan (Wadanlat).

“Kegiatan posko ini sangat penting, dan strategis untuk dilaksanakan sebagai upaya membangun kesiapsiagaan Korem dalam menyiapkan pertahanan yang tangguh, khususnya dalam rangka mendukung tugas pokok Kodam V/Brawijaya,” kata Kolonel Inf Renal Aprindo Sinaga, Rabu (06/09/2023).

Menurut Kolonel Inf Renal, Satuan Korem merupakan Satuan kewilayahan yang dituntut untuk bisa aktif, dan berperan dalam mengatasi berbagai permasalahan yang timbul, termasuk persoalan bencana alam.

“Sasaran yang harus dicapai dalam latihan ini, adalah mampu merencanakan dan melaksanakan penanggulangan secara tepat, efektif dan efisien. Dan yang terpenting, adalah harus bisa menjalin sinergi dan koordinasi terpadu dengan semua pihak, terutama Pemerintah Daerah,” jelasnya.

Kolonel Inf Renal menambahkan, beberapa hal dijadikan sasaran utama dalam pelaksanaan latihan posko tersebut, terutama soal kekompakan antara Komandan dan staf ketika berinteraksi dan berkomunikasi, serta hubungan prosedural antara staf dengan Komandan Satuan.

“Latihan ini memang lain dari biasanya. Karena, kita menyelenggarakan latihan dengan tiga trouble spot. Yaitu, bantuan penanganan bencana alam, mengatasi pemberontakan bersenjata dan bantuan mengatasi konflik sosial,” ungkap Kolonel Inf Renal.

Editor : Devina | Foto : Ist | Sumber : -