Lima Helikopter Apache Pesanan TNI AD dan Simulatornya Tiba di Semarang

Infokomando - Sebanyak lima unit heli serang jenis AH-64E Apache Guardian pesanan Puspenerbad TNI AD plus spareparts dan persenjataannya kembali tiba di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jumat, (20/4).

Kelima helikopter tersebut dikirim dari Amerika menggunakan kapal kargo Ocean Giant dan sesuai rencana, helikopter serang AH-64E Apache Guardian ini akan ditempatkan di  Skadron 11/ Serbu Pangkalan Udara Ahmad Yani dan melengkapi tiga unit helikopter yang telah tiba sebelumnya.

Tidak hanya helikopter dan suku cadangnya, sebuah mesin simulator helikopter Apache juga ikut dalam satu paket pengantaran dimana alat simulator tersebut berfungsi untuk melatih kemampuan para pilot TNI AD dalam mengoperasionalkan helikopter yang dijuluki The Tank Killer ini. Selain itu, sebanyak 64 misil jenis Hellfire juga ada dalam satu kargo dan langsung dibawah ke Skuadron 11/Serbu untuk diamankan. Sedangkan untuk helikopternya sendiri tetap berada di pelabuhan untuk dirakit yang kemudian juga akan dibawa ke Sekuadron 11/Serbu.

Proses bongkar muat ini selain melibatkan teknisi asing juga dilakukan oleh personel dari Puspenerbad TNI AD sendiri.

Rudal AGM-114 Hellfire
Sudah bukan rahasia lagi jika hellikopter serang AH-64E Apache pesanan TNI AD ini akan dipersenjatai rudal yang terkenal mematikan yakni AGM-114 Hellfire. 

Hellfire sendiri adalah peluru kendali udara ke permukaan (Air to Surface) yang dibuat untuk pertempuran anti-tank. Rudal ini dapat ditembakkan dari berbagai platform udara, laut dan darat. Hellfire juga dapat ditembak dari helikopter dan menganut sistim fire and forget.
***
Foto : Penerbad
Penulis : Erwin
Sumber : Infokomando